Berita Utama

Bintek Pengelolaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Bidang Penatausahaan Se-Kecamatan Kedungbanteng

Dilihat : 7380 Kali, Updated: Sabtu, 24 Maret 2018
Bintek Pengelolaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Bidang Penatausahaan Se-Kecamatan Kedungbanteng

Karangsalam Kidul – Selasa (21/3) diadakan bimbingan dan pelatihan pengelolaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam bidang Penatausahaan di Aula Balai Desa Karangsalam Kidul. Bintek ini dihadiri oleh Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan Kaur Perencanaan se-Kecamatan Kedungbanteng.

Camat Kedungbanteng, Gatot P.U.H.A, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa “ Di Tahun 2018 sudah wajib mengelola keuangan desa menggunakan Aplikasi Siskeudes. Diharapkan dengan bintek kali ini, para pengelola Keuangan di masing-masing desa se-Kecamatan Kedungbanteng dapat lebih paham bagaimana cara pengelolaan keuangan dengan menggunakan aplikasi Siskeudes”.

Kasi Tata Pemerintahan, Sugeng Riyanto, S.Sos menambahkan dalam sambutannya mengatakan bahwa “ Penatausahaan digunakan untuk mengajukan SPP Kegiatan dan pelaporan akhir tahun anggaran, serta untuk mempermudah pembuatan lppd”.

Kepala Sub Bagian Adiministrasi Pemerintahan Desa, Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Banyumas, Eni Nurviatun pun hadir dalam bintek kali ini. Beliau mengatakan bahwa “Pemerintah Desa harus dapat menciptakan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Di dalam aplikasi tidak akan terjadi kesalahan dalam pengolahan SPJ atau pencairannya, karena sudah tersistem dan tidak akan terjadi pelampauan anggaran, tapi hal ini tergantung pada operatornya, sudah sesuai dengan ketentuan atau belum ketika menggunakan aplikasi. Bendahara desa juga harus tetap menggunakan pembukuan manual atau buku agenda keuangan yang meliputi buku bank, buku pajak dan lainnya yang akan digunakan sebagai acuan untuk mengelola keuangan dalam aplikasi Siskeudes tersebut”.

Kegiatan bintek ini berjalan dengan lancar dan akan diagendakan untuk bintek selanjutnya mengenai Pengelolaan Siskeudes untuk penyusunan APBDes Perubahan.

 

Komentar