RAKOR PKK Desa

Karangsalam Kidul – Rapat Koordinasi PKK Desa Karangsalam Kidul bulan November 2017 telah diadakan pada hari Jum’at (17/11). Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Desa, Ketua PKK RW, Ketua PKK RT, dan Ketua Dasa Wisma serta petugas piket dari RT 003 RW 002. Rakor dibuka oleh Ibu Tarmini selaku Ketua TP PKK Desa Karangsalam Kidul dan dilanjutkan pengisian materi dari hasil Rakor PKK Kecamatan mengenai pengenalan Talasemia dan Rakor KKBPK Kecamatan mengenai Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Berikut uraian hasil Rakor yang disampaikan :

1. Talasemia

2. Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP)

Alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan, yang digunakan dengan jangka panjang yang meliputi IUD, Implant dan kontrasepsi mantap yaitu MOW dan MOP.

a. Spiral/IUD/AKDR

Alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim yang bentuknya bermacam-macam, terbuat dari plastik, plastik yang dililit tembaga atau tembaga bercampur perak yang dapat berisi hormon. Waktu penggunaannya bisa sampai 10 tahun.

b. Susuk KB/Implan

2 kapsul (seperti korek api) yang dimasukkan ke bawah kulit lengan atas, secara perlahan melepaskan hormon progesteron selama 3 atau 5 tahun.

c.

Related Posts

Komentar